Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Mengenalkan Industri Kreatif Digital Balikpapan Menggunakan Metode SWOT dan ANP

2022 - Hibah LPPM

Balikpapan, Senin 9 Mei 2022 - Melalui surat keputusan Rektor ITK Nomor : 2674/IT10/PPM.05/2022 telah ditetapkan daftar penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian yang bertemakan mengenai Smart City ini mengangkat topik mengenai cara meningkatkan strategi pemasaran industri kreatif. Kegiatan ini dilakukan di Balikpapan dengan responden yang berasal dari beberapa perusahaan dan industri. 

Penelitian ini diketuai oleh dosen Teknik Logistik Fandi Afrizal, S.T., M.T. dan kemudian didampingi oleh 2 anggota dosen yang berasal dari prodi Rekayasa Keselamatan Mayati Isabella, M.T. serta dosen dari Teknik Industri Ahmad Jamil, S.T., M.T. Disamping itu juga ada kolaborasi bersama mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa juga mengetahui seperti apa kondisi perusahaan di wilayah Balikpapan saat ini terkait kebutuhan sistem digital guna menunjang kota cerdas. 

Terdapat roadmap yang dicanangkan dalam penelitian ini diantaranya adalah adanya analisis mengenai strategi pengembangan inovasi Industri kreatif digital di Balikpapan. Dengan analisis tersebut harapannya muncullah sebuah kebijakan strategis yang dapat ditawarkan kepada pemerintah kota Balikpapan dalam mendukung pembangunan kota cerdas. Selanjutnya persetujuan dari pemerintah akan memudahkan para pemain industri dalam mengembangkan daya saing industri kreatif digital dan saling berkolaborasi secara aktif bersama perusahaan. Perkembangan IKN salah satunya yang akan menjadi agenda terdekat bagaimana mengelola kota yang cerdas dalam jangka waktu yang singkat. 

Dalam prosesnya disebarkan beberapa kuesioner yang diisi oleh beberapa perusahaan dan juga pelaku industri kreatif digital. Harapannya masukan dan pendapat dari praktisi langsung akan membuat penelitian ini menjadi objektif dan relavan untuk digunakan. (FA)