Webinar Kecerdasan Logistik Perspektif Dua Benua

KULIAH TAMU - 30 November 2021 - 12:00 AM

Balikpapan - Rabu (17 November 2021) Teknik Logistik Institut Teknologi Kalimantan kembali mengadakan webinar yang kedua mengenai "Kecerdasan Logistik Perspektif Dua Benua". Pada kesempatan kali ini Institut Teknologi Kalimantan mengundang narasumber seorang peneliti bidang logistik di Inggris Dr. Hijrah Saputra, A.A. Sc. (A.Md.), B.A.Sc. (S.S.T), M.Sc., PhD. Webinar yang diikuti sedikitnya 64 peserta ini berlangsung melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming. 

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Himawan Wicaksono, S.ST., M.T. yang menyampaikan bahwa tantangan kebutuhan digital sudah mulai menjadi perhatian untuk melengkapi adanya supply dan demand di dalam masyarakat. Selain itu tujuan pokok dari ITK adalah mendukung tumbuh kembang dari proses berpindahnya ibu kota negara baru ke kalimantan. Sehingga Teknik Logistik ITK diharapkan jangan cuma menjadi penonton namun juga sebagai penggerak.

Dr. Hijrah Saputra, A.A. Sc. (A.Md.), B.A.Sc. (S.S.T), M.Sc., PhD dalam presentasinya menyampaikan penggunaan teknologi dalam logistik sebaiknya membawa dampak dalam hal efektifitas dan efisiensi. Namun dalam persiapannya tergantung dari negara dan instansi yang akan menjalankannya, karena hal tersebut kaitannya dengan kesiapan infrastruktur, tools, dan hal hal yang berkaitan dengan manajemen logistik. 

Selain itu, menurutnya integrasi antara teknologi, user, dan sistem menjadi kebutuhan yang mendasar dalam logistik. Artificial Intelligence, Big Data, dan Robotika menjadi tools yang akan banyak digunakan dalam dunia logistik. Sifatnya adalah menggantikan pekerjaan manusia yang bersifat teknikal dan berulang-ulang menjadi pekerjaan robot atau sistem. Sehingga manusia bekerja untuk mengonsep dan membangun sistem tersebut. 

Acara yang di moderator oleh dosen Teknik Logistik ITK, Amanda Dwi Wantira, S.Tr., M.T. ini kemudian ditutup dengan perkenalan prodi teknik logistik yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi, Fandi Afrizal, S.T., M.T. Teknik Logistik mendapatkan surat ijin operasi dari kementerian pendidikan dan kebudayaan pada bulan Juli 2021 dan akan membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun ajaran 2022 nanti. Hadirnya Teknik Logistik ITK akan mendukung dengan dibangunnya Ibu Kota Negara baru yang akan berpindah di kalimantan, sehingga di prediksi kebutuhan akan logistik akan meningkat dalam 5 hingga 10 tahun mendatang. Penciri prodi yang berhubungan dengan smart logistic yang terintegrasi dengan sistem informasi, diharapkan dapat membantu menjawab kebutuhan sistem yang terintegrasi pada saat ini khususnya dalam pembangunan smart city. Selain itu penentuan distribusi fasilitas logistik dan optimalisasi rute transportasi logistik juga dibutuhkan kaitannya dalam efisiensi dan efektifitas biaya. 

#AyoKeITK #KampusMerdeka

Teknik Logistik ITK

Video Terkait :