Program Studi Teknik Logistik Ikut Memeriahkan Acara ITK Open House 2023

Sosialisasi - 01 Maret 2023 - 12:00 AM

Institut Teknologi Kalimantan pada Sabtu dan Minggu tanggal 11 dan 12 Februari 2023 melangsungkan kegiatan ITK Open House 2023 yang bertemakan “Explore Our Universe”. ITK Open House merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendekatkan siswa SMA yang menjadi calon mahasiswa baru di Institut Teknologi Kalimantan dengan program studi yang menjadi minat dan ketertarikannya. Kegiatan lain dari calon mahasiswa adalah mendapatkan pengalaman langsung suasana belajar menjadi seorang mahasiswa pada sesi-sesi perkuliahan dengan berbagai macam tema yang menarik langsung oleh dosen pada masing-masing program studi.

Program studi Teknik Logistik ikut memeriahkan rangkaian kegiatan ITK Open House 2023. Kegiatan pertama yang dimeriahkan program studi adalah “stand program studi” yang diadakan di ruangan 103 gedung F. Kegiatan ini merupakan sarana pengenalan program studi Teknik Logistik dengan menampilkan beberapa miniatur proses logistik yang terjadi dan pengenalan bagaimana logistik berperan dalam industri. Setiap calon mahasiswa yang berkunjung diberikan brosur tentang deskripsi program studi Teknik Logistik ITK, visi, misi dan bidang keminatan yang ada di program studi Teknik Logistik ITK. Selain itu mereka juga diberikan souvenir unik berupa stiker dan gantungan kunci khusus Teknik Logistik ITK.

Kegiatan ITK Open House lain yang diikuti oleh program studi Teknik Logistik adalah kelas perkuliahan oleh dosen program studi di ruangan 205 gedung F. Program studi Teknik Logistik mengangkat topik “Behind the Scene (BTS): Pasar Merah, Orange dan Hijau” yang disampaikan oleh narasumber Faishal Arham Pratikno, S.T., M.T. Topik ini menginformasikan kepada lebih dari 70 calon mahasiswa apakah yang terjadi dibalik layar ketika kita melakukan transaksi di e-commerce merah (bukalapak), orange (shopee) dan hijau (tokopedia). Materi yang disampaikan merupakan salah satu bahasan mata kuliah yang akan dipelajari di program studi Teknik Logistik yaitu Sistem Distribusi. Topik ini membuka wawasan calon mahasiswa yang hadir mengenai hal yang sangat dekat dengan mereka, yaitu transaksi lewat toko online dan apa yang terjadi ketika mereka melakukan pesanan (checkout).

Dosen program studi Teknik Logistik Faishal Arham Pratikno, S.T., M.T. mengatakan, beberapa mata kuliah yang dipelajari pada program studi Teknik Logistik ITK sangat aplikatif dalam industri logistik saat ini seperti Manajemen Rantai Pasok, Sistem Persediaan, Sistem Transportasi Darat, Laut dan Udara, Perancangan Sistem Informasi Logistik dan lain-lain.

 “Perkembangan logistik saat ini merupakan salah satu bidang yang sangat berkembang khususnya ditopang oleh perkembangan teknologi, oleh karena itu program studi Teknik Logistik ITK menawarkan suatu pembelajaran mengenai logistik dengan dukungan sistem informasi yang akhirnya mengarahkan program studi ini ke Smart Logistic” ujarnya dalam pemaparan materi.