Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Logistik 2022 di PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan

Kunjungan - 14 Desember 2023 - 12:00 AM

Balikpapan, 27 November 2023 - Program Studi Teknik Logistik Institut Teknologi Kalimantan telah melaksanakan kunjungan industri di PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan.

Diawali dengan persiapan yang dilakukan oleh mahasiswa/i Teknik Logistik dengan briefing sebelum keberangkatan dari Institut Teknologi Kalimantan menuju PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan. Setelah itu, mahasiswa beserta dosen Teknik Logistik ITK sampai ke PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan dengan melakukan safety briefing serta briefing kembali dan penyampaian materi oleh pihak PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan sebelum tour perusahaan. Dengan disampaikannya juga sambutan dari beberapa divisi, serta beberapa materi yang membahas mengenai keterkaitan antara PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan dengan kegiatan proses dalam logistik.

Selanjutnya, peserta kunjungan industri PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan mengunjungi control room yang digunakan untuk memantau segala aktivitas di lapangan. Di dalam ruangan tersebut terdapat banyak device pendukung pada bagian control seperti monitor cctv, diagram statistik, monitor untuk pemantauan kapal, dan lain sebagainya. Setelah berkunjung di control room, peserta melakukan kunjungan ke warehouse milik PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan dengan tetap berjalan di jalur aman dan memperhatikan kelengkapan keselamatan masing-masing peserta. Disana, diperlihatkan tempat penyimpanan barnag sementara dari atas (barang yang baru saja turun dari kapal).

Dari warehouse, peserta diajak keliling dan turun di dermaga untuk berkeliling ke tempat penyimpanan barang sementara sembari berkeliling ke beberapa titik warehouse yang ada di luar kilang. Dilanjutkan dengan masuk ke daerah kilang, tetapi tetap mengikuti safety briefing kembali sebelum masuk ke daerah kilang yaitu mengunjungi warehouse yang terdapat di dalam kilang).

Setelah rangkaian kegiatan tour selessai, peserta kegiatan kunjungan industri melakukan sesi foro Bersama di PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan dan pemberian hadiah dari pihak PT. Interport Mandiri Utama Balikpapan kepada peserta kunjungan industri yang aktif menjawab pertanyaan dan itu menutup kegiatan pada kunjungan industri prodi Teknik Logistik ITK kali ini.

Dari kegiatan ini, banyak memberikan ilmu baru serta pengetahuan kepada peserta, khusus para mahasiswa/i sehingga mereka mengetahui bagaimana kondisi lapangan pekerjaan pada sektor proses pekerjaan pada logistik.

(YWA/FAP)