Kuliah Tamu: Pelindo Pendukung Kelancaran Logistik Indonesia

KULIAH TAMU - 24 Oktober 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Institut Teknologi Kalimantan 19 Oktober 2023 - Program Studi Teknik Logistik dan Rekayasa Keselamatan Institut Teknologi Kalimantan dengan PT SUBHOLDING PELINDO MULTI TERMINAL (PT. SPMT) telah melaksanakan Seminar dengan tema "Pelindo Pendukung Kelancaran Logistik Indonesia"

Dengan dibawakan materi dari Bapak Wahyuddin selaku "Branch Manager PT SPMT" dan Bapak Muh. Saleh Basara selaku "Deputi Branch Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasi PT. SPMT" yang dihadiri oleh 130 hadirin yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan edukasi kepada para hadirin terutama mahasiswa mengenai bagaimana aktivitas logistik maritim yang dibangun dan dilaksanakan di Indonesia, diberikannya gambaran mengenai tantangan serta upaya perbaikan yang perlu dilakukan dalam kinerja logistik, serta edukasi mengenai penerapan berbasis keselamatan dan kesehatan kerja dalam aktifitas logistik maritim.

Pada perkembangan logistik saat ini diperlukannya perhatian khusus seperti produktivitas barang-barang yang dihasilkan pabrik atau perusahaan, bagaimana penyalurannya dan penyimpanannya serta pengelolaan hasil produk secara menyeluruh, hal ini memerlukan penanganan khusus dan serius. Terdapat bagian penting logistik seperti transportasi, inventroy, pergudangan menjadi elemen fundamental dari sistem ekonomi dan industri bertahun-tahun lalu, tetapi 20 tahun terakhir ini logistik telah diakui sebagai fungsi penting dalam kehidupan industri dan ekonomi. Negara kepulauan seperti Indonesia membutuhkan kinerja logistik yang baik untuk dapat menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Di era serba digital saat ini membuat seluruh proses bisnis termasuk logistik perlu mengadokpi teknologi dalam setiap titik-titik koordinasinya, agar tercapainya proses logistik yang lebih lancar dan Up To Date dalam pelaporannya serta mampu mengurangi waktu tunggu (lead time) untuk keseluruhan pelayanan. Salah satu penyelenggara aktifitas logistik di Indonesia yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain melalui jalur laut serta memberikan laporan pengingkatan kinerja pada dua tahun terakhir ini adalah PELINDO. Dilakukannya kegiatan ini dalam mencapai pemahaman lebih mendalam di dunia praktis mengenai aktivitas logistik maritim.

Kegiatan dimulai dengan registrasi dan pembukaan oleh MC pada kegiatan. Lalu dilanjutkan dengan pemutaran video profil Program Studi Teknik Logistik yang berisikan mengenai informasi Program Studi Teknik Logistik seperti prospek kerja dari lulusan prodi Teknik Logistik Institut Teknologi Kalimantan, dan lain sebagainya. Setelah itu diberikannya sambutan dari Ibu Adiek Astika Clara Sudarni, S.ST., M.T selaku Koordinator Program Studi Rekayasa Keselamatan. 

Setelah itu dilanjutkan dengan materi 1 yang dibawakan oleh Bapak Wahyuddin selaku "Branch Manager PT SPMT". Untuk mencapai hasil yang efisien dan efektivitas semua itu mutlak memerlukan pengorganisasian yang baik atau sering diistilahkan dengan manajemen logistik yang terpadu sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam melaksanakan kegiatannya (Chandra, 2013). Tantangan yang dihadapi tidak sedikit untuk dapat berhasil meningkatkan nilai kinerja logistik Indonesia. 

Setelah pemaparan materi dari Bapak Wahyuddin selaku "Branch Manager PT SPMT", dilanjutkan dengan pemaparan materi 2 dari Bapak Muh. Saleh Basara selaku "Deputi Branch Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasi PT. SPMT". Seperti yang kita semua ketahui, kemajuan ekonomi suatu daerah di Indonesia sangat bergantung pada kelancaran dan capaian dari kinerja logistik.

Setelah pemaparan dari kedua pemateri tersebut,  dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab yang dilakukan oleh para hadirin kepada pemateri yang bersangkutan. Setelah itu, dilakukannya pemberian cendera mata kepada para pemateri, Bapak Wahyuddin selaku "Branch Manager PT SPMT" dan Bapak Muh. Saleh Basara selaku "Deputi Branch Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasi PT. SPMT" yang diberikan oleh Dosen Program Studi Teknik Logistik, Bapak Faishal Arham Pratikno, S.T., M.T. dan Koordinator Program Studi Rekayasa Keselamatan, Ibu Adiek Astika Clara Sudarni, S.ST., M.T 

Setelah itu dilakukannya sesi foto bersama dan penutupan oleh MC. 

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, para hadirin terkhususnya para mahasiswa/i dapat memberikan ilmu serta pengetahuan yang bermanfaat terutama dalam aktivitas logistik maritim yang dibangun dan dilaksanakan di Indonesia. serta mengetahui mengenai tantangan dan upaya perbaikan dalam perbaikan kinerja logistik.

(YWA/FAP)